Inilah Nilai Kerusakan di Gaza Capai Rp 11,5 T


Nilai Kerusakan di Gaza Capai Rp 11,5 T

Selasa, 27 November 2012 15:38 wib
Wilayah Gaza yang hancur diserang Israel (Foto: Reuters)
Wilayah Gaza yang hancur diserang Israel (Foto: Reuters)
GAZA - Hamas menyatakan, nilai kerusakan yang diakibatkan oleh serangan Israel ke Jalur Gaza mencapai USD1,2 miliar atau sekira Rp11,5 triliun (Rp9.635 per USD). Kerusakan tersebut mencakup hancurnya ribuan rumah dan gedung akibat serangan udara yang dilancarkan Israel selama delapan hari berturut-turut di kawasan tersebut.

“Total biaya kerusakan yang diakibatkan serangan Israel mencapai Rp 11,5 triliun. Baik itu kerusakan langsung maupun tidak langsung," ujar Juru Bicara Hamas Taher Nunu, seperti dikutip AAP, Selasa (27/11/2012).

Nunu juga mengatakan, setidaknya 200 rumah hancur total dan 8.000 rumah lainnya mengalami kerusakan sebagian. Serangan Israel juga dilaporkan merusak bangunan-bangunan milik umum di Gaza. 42 bangunan dilaporkan hancur termasuk diantaranya tempat ibadah dan klinik kesehatan.

Gedung markas Hamas sendiri tidak lepas dari kerusakan akibat serangan Israel. Pihak Israel menyatakan, mereka menjadikan objek-objek vital yang dimiliki oleh Hamas sebagai sasaran serangan.

Israel dilaporkan menyerang 1.500 titik di Jalur Gaza, termasuk didalamnya markas-markas militer Hamas dan juga gudang-gudang penyimpanan roket yang dimiliki kelompok yang dipimpin oleh Ismail Haniyeh itu. Tindakan itu dilakukan Israel sebagai upayanya untuk menghentikan serangan roket Hamas yang seringkali dilancarkan ke wilayah Israel.

Dalam kesempatan yang berbeda Kementerian Kesehatan Hamas di Gaza menyatakan, sebanyak 166 warganya menjadi korban jiwa dari serangan udara Israel minggu lalu. Jumlah korban itu termasuk didalamnya 43 anak–anak dan 13 wanita. Sedangkan jumlah warga Gaza yang mengalami luka-luka tercatat sebanyak 1.235 orang.(faj)

Berita Terkait : Serangan Israel ke Gaza

Oleh;

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »