Hadist-hadist

من احيا  سنة من سنتى قد اميتت بعدى فان له من الأجر مثل من عمل بها من غير ان ينقص من اجورهم شيئا ومن ابتدع بدعة ضلالة لا يرضاها الله ورسوله كان عليه من الاثم مثل آثام من عمل بها لا ينقص ذلك من اوزارهم شيئا
Barang siapa yang menghidupkan satu sunnah-sunnahku yanng tercecer sesudah matiku, maka sesungguhnya ia telah mendapatkan pahala sebagaimana oranng yang mengamalkannya tanpa dikurangi barang sedikitpun. Dan barangsiapa yang mendatangkan bid’ah yang jelek yang tidak diredhai oleh Allah Swt dan rasulnnya, adalah baginya dosa sebagaimana dosa-dosa dari pada orang-orang yang mengerjakannya tidak kurang barang sedikitpun.

افترقت اليهود على احدى او اثنتين و سبعين فرقة والنصارى كذلك وتفترق امّّتى على ثلاثة وسبعين فرقة كلّّّهم فى النّار الاّ واحد: قلوا من هى يا رسول الله. ما انا عليه و  اصحابى 
Berpecah – belah Yahudi menjadi 71 atau 72 golongan. Dan Nasrani demikian juga. Berpecah-pecah ummatku nanti menjadi 73 golongan. Semuanya masuk keneraka, kecuali satu. Sahabat-sahabat bertanya ; siapakah glonngan itu ya Rasulullah? Jawab Nabi, itulah golongan yang tetap menjalani sebagai yang ku jalankan dan sahabat-sahabatku (yang belum berobah dari apa yang dijalankan Nabi dan sahabat  3).

ترقت فيكم امرين لن تضلّوا ما ان تمسّكتم بها : كتاب الله وسنّة نبيّه ( رواه ابن عبد البار )
Aku tinggalkan di tengah- tengah kaum dua hal di mana kamu tidak akan tersesat  selama kamu berpegang teguh padanya . yaitu kitab Allah dan sunnah nabinya . Diriwayatkan Ibn Abdul Bar.

فانه من يحينى منكم من بعدى فيرى اختلافا كثيرا فعليكم بسنّتى وسنّة الخلفاء الراشد ين المهد يين تمسكوا عضوا بالتواحيذ ( رواه ابو داود والترمذى )
Sesungguhnya siapa diantaramu yang hidup sesudahku, nisacaya ia akan melihat perselisihan faham yang banyak. Dan dalam situasi demikian pegang teguhlah sunnahku dan sunnah para khulafaur Rasyidin yang diberi hidayah. Pegang teguhlah itu dengan sekuat-kuatnya. Diriwayatkan Abu Daud dan Tirmidzi.

ان اصحابى كالنّجوم بأيّهم افتديتم اهتد يتم
Sahabat-sahabatku laksana bintang-bintang kepada yang mana saja kamu semua mendapat petunjuk.

ان الله لا يجمع امتى على ضلالة ويدالله مع الجما عة ومن شذّ شذّ الى النّار ( رواه الترمذى)     
Sesunggunhnya Allah tidak akan mengumpulkan ummatku dalam kesesatan. Tangan (kekuasaan Allah bersama jama’ah dan barang siapa mengasigkan diri dari jama’ah, maka terasinglah kedalam neraka. Diriwayatkan Tirmidzi.

عن الحارث بن عمر ( ابن الابى المغيرة بن شعبة ) برفعه الى معاذ رض لما بعثه رسول الله صهم ال اليمن : قال له كيف تقضى اذا عرض قضاء . قال اقضى بكتاب الله. قال فان لم تجد قال اقضى بسنّة رسول الله صهم. قال فان لم تجد فى سنّة رسول الله صهم ولا فى كتاب الله. قال قلت اجتهد برأي ولا آلو قال : فضرب رسول الله صهم صدرى وقال : الحمد لله الذى وفّق رسولُ رسولَ الله صهم لما يرض رسول الله صهم ( اخرجه ابوا داود والترمذى )    
Dari Harist bin Amar (Ibnu Mighirah bin Sya`bah) yang disandarkan kepada Mu`az ra. Ketika Rasululah SAW mengutusnya ke Yaman. Rasululah SAW bersabda: `bagaimana engkau Muaz menetapkan hukum bila diajukan kepadamu suatu masalah ?` berkata Mu`az: `Aku akan menjalankan hukum berdasarkan kitab Allah, sabda Rasul: `jika kamu tidak menemukan didalamnya ?, berkata Mu`az: `Aku akan menjalankan hukum berdasarkan hukum sunnah Rasulullah SAW., bersabda Rasul: `Jika kamu tidak temui pada sunnah Rasullullah SAW ?, dan tidak pula terdapat dalam Al-Qur`an ?, berkata Mu`az: saya akan berijtihad dengan pikiran dan aku tidak akan berlaku lalai (menetapkan yang bertentangan dengan al-qur`an/Sunnah). Berkata Mu`az: maka Rasulullah SAW. menepuk dadaku dan bersabda; `segala puji bagi Allah SWT yang memberi taufiq kepada utusan Rasulullah terhadap apa yang diridhai oleh Rasulullah SAW. (dikeluarkan oleh Abu Daud dan Turmudzi).
للمجتهد اجران ان اصاب واحد ان اخطأ
Seseorang yang melakukan ijtihad apabila tepat mendapat dua pahala dan masih mendapat satu pahala sekiranya ia salah.

عن النعمان بن بشير رضىالله عنهما عن النبيّ صهم قال: مثل القائم فى هدود الله والواقع فيها كمثل قوم استهموا على سفينة فصار بعضهم اعلاها وبعضهم اسفلها فكان الذّين فى اسفلها اذا استتوا من الماء مروا على فوقهم. فقالوا لو فا ئرقنا فى نصيبا خرقا ولم نؤذ من فوقنا. فان تركوهم وما اردوا هلكوا جميعا وان اعذوا على ايديهم نجوا و نجوا جميعا ( رواه البخارى والترمذى )
Dari Nu’man bin Basyir ra, dari Nabi Saw. Yang sabdanya  :
Contoh oranng yang mengakkan hukum Allah dan orang yang mengadakan pelanggaran, seperti contoh suatu kaumyang menumpang dalam sebuah perahu maka adalah sebagian dari mereka menempati tempat yanng sebelah bawah. Maka aadlah orang yang bertempat di sebelah bawah itu jika hendak menngambil air melewati orang ada disebelah atas mereka. Maka berkatalah mereka (oranng yang berada disebelah bawah ) sekiranya kita lobangi saja pada bagian kita ini suatu lobang, niscaya kita ssemua tidak akan mengganggu orang yang ada disebelah atas. Jika mereka itu dibiarkan saja melakukan sekehendaknya, pastilah akan binasa seluruhnya, tapi mereka itu dicegah maka merekapun selamat dan selamatlah pula orang-orang lain seluruhnya. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Tirmidzi.

المقلد فى كلامنا فان مرادنا به من كان كلامه مذ درجا تحت اصل من اصول امامه
Mukallid dalam pembicaraan kita adalah orang yang pendapatnya termasuk di dalam lingkungan salah satu dari pada beberapa pokok imamnya.

وانما ينسب اليه لسلوك طريقته فى الاجتهاد ودعوى استقاء التقليد عنهم مطلقا لا يستقيم ولا يلائم المعلوم من حالهم او حال اكثرهم
Sesungguhnya muntashib itu masih dimasukkan dalam bahagian imam mujthid, karena ijtihadnya masih menempuh jalan ijtihad imam mujtahid. Pengakukan tidak bertaklid sama sekali tidaklah benar dan tidak sesuai dengan keaadan mereka yang nyata atau keadaan sebgian besar dari mereka.

ولا يجوز العمل بالضعيف بالمذهب ويمتنع التلفيق فى مسألة كأن فلد مالكا فى طهارة الكلب والشافعى فى مسح بعض الرأس فى صلاة واحدة 
Dan tiadalah dibenarkan memilih beramal yang berupa mencari keringanan pada setiap mzhab dan tidak boleh bertalfiq’ dalam suatu masalah misalnya mengikuti Malik tenntang sucinya anjing dan menngikukti Syafie dalam menyapu sebahagian kepala dalam suatu waktu shalat.
فاذ رأيتم اختلافا فعليكم بالسواد العظم مع الحق واهله ( رواه ابن  ماجه )
Jika kamu melihat perselisihan pendapat, maka peganglah teguhlah pendapat golongan yang terbesar yang beserta kebenaran dan mempunyai keahlian (ahli ijtihad) Diriwiyatkan oleh Ibnu Majah.
الايمان تصديق بالجنان واقرار باللسان وعمل بالاركان
Adapun iman adalah meyakinkan dengan hati, mengatakan dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota badan.
اتفاق اهل السنّة والمحدثين والفقهاء والمتكلفين على ان من آمن بقلبه لم ينطق بلسانه مع قدرته كان مخلدا فى النّار
Telah sepakat ahlli/kaum ahlissunnah al Jama’ah dan para muhaddisindan para pukaha dan para mutakallimin bahwa sesungguhnya orang yang percaya dalam hatinya tetapi tidak diucapkan dengan secara lisan sesuai kemampuannya maka adalah dia kekal di dalam neraka.

. . . فاخبرنى عن الايمان قال: ان تؤمن بالله وملائكته و كتبه ورسله ورسله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره وشره  ( رواه مسلم )
. . . .  Maka beritahulah kami (kata Jibril) tentang iman. Nabi menjawab engkau harus percaya adanya Allah, adanya Malaikatnya, adanya kitab-kitabnya, adanya Rasul-rasulnya, adanya hari akhirat dan percaya adanya nasib baik dan nasib buruk.

عن ابى ذر قال : قلت للنبي هل رايت ربك . فقال : ا نور هو . ان ارى
Artinya:
Dari Abi Dzar yang berkata, saya katakan kepada Nabi ; Adakah engkau melihat Tuhanmu ?, maka bersabda Rasulullah Saw. : Bukankah Tuhan itu cahaya ?. Bagai mana aku dapat melihatnya ?.

ترون ربكم يوم القيامة كما ترون القمر ليلة البدر
Kamu akan melihat Tuhan kamu di akhirat kelak sebagaimana kamu melihat bulan purnama.

عن ابى هريرة قال. قال رسول الله صهم ان الله تعالى تسعة و تسعين اسماء احصاها دخل الجنة هو الله الذى لا اله الا هو الرحمن الرحيم الملك القدوس السلام المؤمن المهيمن العزيز الجبار المتكبر الخالق البارئ المصور الغفار القهار الوهاب الرزاق الفتاح العليم القابض الباسط الخافض الرافع المعز المزل السميع البصير الحكم العدل اللطيف الخبير الحليم العظيم الغفور الشكور العلي الكبير الحفيظ المقيت الحسيب الجليل الكريم الرقيب المجيب الواسع الحكيم الودود المجيد الباعث الشهيد الحق الوكيل القوي المتين الولي الحميد المحصى المبدى المعيد المحي المميت الحي القيوم الواحد الماجد الواحد الاحد الصمد القادر المقتدر المقدم المؤخر الاول الاخر الظاهر الباطن الوالى المتعالى البر التواب المنتقم العفو الرؤف الملك الملك ذوالجلال والاكرام المقسط الجامع الغمي المعطي المانع الضار النافع النور الهادى البديع الباقي الوارث الرشد الصبور

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »