INFO KESEHATAN "Ikan Mengandung Formalin Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh"




BAHAN     :  makanan sehat bisa tidak menyehatkan bagi tubuh lantaran pengolahan yang salah. Hasil laut, misalnya, bisa menyebabkan beragam penyakit akibat "tangan usil".
Indonesia sangat kaya akan hasil laut, khususnya ikan. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan membuatnya baik untuk jantung dan kecerdasan.
Formalin masih juga digunakan pada proses pengasinan ikan. "Begitu juga ketika penjemuran ikan asin. Agar tidak dihinggapi lalat, mereka menyemprotkan formalin. Saya rasa itu bahayanya ikan," tambahnya.
Formalin adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet. Sebenarnya formalin berfungsi sebagai desinfektan, tapi disalahgunakan oleh sebagian orang untuk mengawetkan ikan demi mencegah kerugian. Formalin berguna sebagai desinfektan karena membunuh sebagian besar bakteri dan jamur.
Berikut ciri-ciri ikan yang mengandung formalin:
1. Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar (25 derajat Celsius).
2. Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar.
3. Warna daging ikan putih bersih.
4. Bau menyengat, bau formalin, dan kulit terlihat cerah mengkilat.
5. Daging kenyal.
6. Lebih awet dan tidak mudah busuk walau tanpa pengawet seperti es.
7. Ikan berformalin dijauhi lalat.
8. Tidak terasa bau amis ikan.
Menghilangkan Kandungan Formalin

Membilas piring dengan air mengalir minimal dua kali dapat melarutkan formalin yang terkandung di dalam sabun pencuci.

Formalin, berdasarkan karakternya, akan segera bereaksi apabila terkena suhu hingga 60 derajat celcius. Pada kisaran suhu tersebut, formalin akan larut dan pindah ke media lain. Apabila unsur formalin terdapat pada alat makan, semisal karena terbawa sabun pencuci piring, dengan mudah senyawa pengawet itu akan berpindah ke dalam tubuh.

Bisa jadi masyarakat belum banyak yang mengetahui bahwa sabun pencuci piring yang selama ini mereka pakai mengandung formalin. Untuk itu, Zainal Alim Mas'ud, Kepala Laboratorium Terpadu IPB, mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih produk-produk pencuci piring atau produk-produk lainnya. Apalagi untuk medeteksi zat kimia yang terkandung pada suatu benda tidak dapat dilakukan secara kasat mata, namun memerlukan metode tertentu.

Lebih lanjut, Zainal menjelaskan formalin adalah zat reaktif yang dapat menghentikan cara kerja enzim sehingga proses pencernaan dalam tubuh akan kaku dan otomatis terganggu. Oleh karena itu, penggunaan formalin harus dibatasi atau dihilangkan sama sekali. Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menghilangkan kandungan formalin pada alat makan, khususnya formalin yang terdapat pada sabun pencuci piring.

Pertama, bilaslah piring dengan air bersih minimal dua kali. "Membilas piring lebih dari dua kali akan lebih bagus. Setelah dibilas, pastikan peralatan makan benar-benar bersih, terutama saat piring hendak digunakan kembali. Jangan sampai tidak bersih atau masih terasa licin," ujar Zainal.

Langkah kedua, mencuci piring sebaiknya dengan air mengalir, semisal air yang langsung keluar dari keran, sehingga piring lebih bersih dan kadar formalin berkurang.

Zainal juga mengingatkan bagi mereka yang bekerja di area-area yang banyak bersentuhan dengan formalin, hendaknya memakai masker, kain, atau alat pelindung lainnya. Penggunaan alat-alat tersebut dapat mencegah terhirupnya formalin ke dalam hidung atau mulut. Selain itu, sebaiknya gunakan pelindung mata, seperti kacamata atau alat pelindung yang dapat menahan percikan cairan formalin.

Hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan ialah menyediakan keran air untuk mencuci mata di tempat kerja. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, pekerja bisa langsung mencuci muka. Agar formalin tidak mengenai kulit, idealnya kenakan pakaian pelindung dan sarung tangan antibahan kimia. Selain itu, hindari makan, minum, dan merokok selama bekerja, serta cucilah tangan sebelum makan. faisal chaniago



Tip Mengurangi Dampak Buruk Formalin

1. Mencari bahan pengganti formalin
Untuk mengawetkan suatu produk, usahakan menggunakan bahan yang aman, tidak berdampak negatif terhadap kesehatan.

2. Simpan di tempat aman
Apabila terpaksa menggunakan formalin sebagai pengawet produk, simpanlah produk tersebut di tempat yang bertemperatur di bawah 150 derajat celcius. Alat penyimpanannya pun khusus, harus terbuat dari baja tahan karat, aluminium murni, polietilena, atau poliester yang dilapisi fiberglass. Jangan menyimpan formalin di dalam alat yang terbuat dari baja, besi, tembaga, nikel, atau campuran seng dengan permukaan yang tidak dilindungi.

3. Gunakan alat pelindung
Bagi mereka yang bekerja di area berformalin, usahakan selalu menggunakan alat pelindung, seperti kacamata dan baju antizat kimia.

4. Meningkatkan peran media
Media massa berperan penting dalam penyebaran informasi mengenai bahaya penggunaan formalin kepada masyarakat. Dengan demikian, pengetahuan masyarakat akan semakin luas.

5. Meningkatkan kesadaran masyarakat
Masyarakat perlu diedukasi mengenai bahaya penggunaan formalin. Dengan begitu, mereka akan lebih berhati-hati dan selektif memilih produk-produk yang aman bagi kesehatan. Selain itu, masyarakat akan mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh ketika menemukan produk-produk berformalin.
formalin solusi
  • cairan tak berwarna dan memiliki bau amonia ringan.
  • ph: 8.5~9.0
  • rendah - Konsentrasi dan tinggi - kinerja produk.
  • Setelah menerapkan pelapisan panas pada kayu lapis, kami sarankan untuk menggunakan mesin coater (cs -3000) kemudian seragam lapisan depan dan belakang kayu lapis.
  • Lapisan pada kayu lapis secara efektif dapat mengurangi kadar formaldehida kayu lapis untuk <0.3μg / l.
  • berlaku untuk fase 2 e0 produksi lem dan (jas) f plywood
  • mencapai hasil yang lebih ekonomis dengan menggunakan mesin coating (cs -3000) oleh perusahaan kami.

Petunjuk:
spesifikasi kayu lapis: cyc5000 series (36% dari fc -300 0.4 dari fc -300a)
Metode pencampuran: campuran fc -300(360kgs) + air (640kgs) +fc -300a(4l) bersama-sama. tersedia untuk digunakan setelah 30 menit.
jumlah penggunaan: tergantung pada ketebalan dan jumlah formaldehida pada kayu lapis. misalnya:
3 lapis / ketebalan 3mm bawah: 3g/ ft2~4g/ ft2 (menghadapi + kembali)
3 lapis / ketebalan 3mm atas: 3g/ ft2~6g/ ft2 (menghadapi + kembali)
kayu lapis 5 dan di atas: 6g/ ft2 (menghadapi + kembali)
Petunjuk pengguna: setelah memukul kayu lapis, menggunakan mesin penangkap formaldehida cs - 3000 untuk melapisi cyc5000 ke kayu lapis.

Perhatian: 55c kayu lapis di atas suhu dan diperlukan ketika lapisan cyc5000 produk.
Enquiry Sekarang +Enquiry Sekarang -
Top of Form

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »