عنوان الفتوى : تحية العلم والوقوف للسلام الوطني
السؤال : نرجو بيان الحكم الشرعي في تحية العلم والوقوف للسلام الوطني؛
حيث يدعي بعض الناس أن ذلك محرم شرعًا؛ لما فيه من تعظيم، والتعظيم لا يجوز
للمخلوق، خاصة إذا كان جمادًا؛ لأنه حينئذ يكون شركًا أو ذريعة إلى الشرك،
وكذلك هو من التشبه بالكفار في عاداتهم القبيحة، كما أنه يعتبر بدعة؛ لأنه
لم يكن في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم، ولا في عهد خلفائه الراشدين رضي الله عنهم.
الجـــــــــــــــــــــــــــواب:
اعتبار العلم رمزًا كان معروفًا عند العرب قبل الإسلام لا سيما في الحروب،
وقد ورد أن النبي صلى الله عليه وآله وسلم اتخذ الرايات والألوية
والأعلام، وعقد عليه المحَدِّثون أبوابًا في كتبهم؛ فقالوا: "باب في
الرايات والألوية" وللدلالة الرمزية للأعلام والرايات فإنه قد جرت
العادة بأن يعمد العدو إلى ضرب حامل الراية وإسقاطه قبل غيره؛ ليثبط من
عزيمة الجيش؛ فمتى كان العَلَم مرفوعًا كان ذلك دالًّا على العزة والقوة
والصمود، ومتى نُكِّس وسقط كان ذلك دالًّا على الهزيمة والذل والانكسار،
وفي المقابل كان يحرص حامله على إبقائه مرفوعًا، ولو بذل في سبيل ذلك نفسه
وروحه، لا لخصوص تعظيم القماش، بل لما يرمز إليه. وقد روى البخاري في
صحيحه عن أنس بن مالك رضي الله عنه، قال: قال النبي صلى الله عليه وآله
وسلم: «أخذ الراية زيد فأصيب -يعني: في غزوة مؤتة-، ثم أخذها جعفر فأصيب،
ثم أخذها عبد الله بن رواحة فأصيب - وإنَّ عيني رسول الله صلى الله عليه
وآله وسلم لتذرفان - ثم أخذها خالد بن الوليد من غير إمرة ففُتِح له».
وتحية العلم بنحو الإشارة باليد بهيئة معينة، أو الهتاف بالدعاء عند رفعه
بأن تحيا البلاد، هو من قبيل الحركة أو الكلام، وإلف ذلك وتكراره -كما هو
الحاصل- يجعله من العادات ثم إن هذه الممارسات والأفعال هي مما ارتبط
عند الناس بحب الأوطان، فصارت وسيلة عامة للتعبير عن ذلك وإظهار الانتماء
وتأكيد الولاء، وقد تقرر في قواعد الشريعة أن الوسائل لها أحكام المقاصد،
فإذا كان حب الوطن مِن المطلوبات الشرعية كما هو متقرر في أدلة الشريعة فإن
وسيلتَه الجائزةَ في أصلها تكون كذلك مشروعة مطلوبة، ويتأكد ذلك إذا كان
عدمُ القيام أمارةً عند الناس على عدم الاحترام. أما السلام الوطني فهو
عبارة عن مقطوعة موسيقية ملحنة على نشيد البلد أو الوطن تكون رمزًا للبلد
أو الوطن تعزف في الحفلات العسكرية وبعض المناسبات العامة. والمختار أن
الموسيقى من حيث هي لا حرمة في سماعها أو عزفها؛ فهي صوت؛ حسنه حسن وقبيحه
قبيح، وما ورد في تحريمها: صحيحه غير صريح، وصريحه غير صحيح. والسلام
الوطني الشأن فيه هو الشأن في العلم؛ من حيث كون كل منهما رمزًا، والوقوف
عند عزفه ليس المراد منه إلا إظهار الاحترام والتقدير والإكرام لما
يُمَثِّلُه، وهو الوطن. وحب الوطن أمر قد جُبِل عليه الإنسان؛ حتى قال
بعض الفلاسفة: "فطرة الرجل معجونة بحُبِّ الوطن" [الحنين إلى الأوطان
للجاحظ، ص10، ط. دار الكتاب العربي]. وقد روى البخاري عن حميد الطويل
أنه سمع أنسًا رضي الله عنه يقول: كان رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم
إذا قدم من سفر، فأبصر درجات المدينة، أوضع ناقته -أي: أسرع السير بها-،
وإن كانت دابة حركها. قال البخاري: "زاد الحارث بن عمير عن حُمَيدٍ: (حركها
من حبها)". قال الحافظ ابن حجر في "فتح الباري" [3/ 621، ط. دار المعرفة]: "وفي الحديث دلالة...على مشروعية حب الوطن والحنين إليه"اهـ.
والأصل في ذلك كله الإباحة حتى يرد الدليل الناقل عنها، ومن جملة الأفعال
المعبرة عن الحب القيامُ لرمز الوطن وعلامته وشعاره، وهو العلم أو السلام
الوطني؛ فالمحب يتعلق ويعتني بكل ما له صلة بمحبوبه، ولا يُذَمّ مِن ذلك
إلا ما ذمه الشرع بخصوصه. أما دعوى أن ذلك محرم شرعًا؛ لما فيه من
تعظيم، والتعظيم لا يجوز للمخلوق، خاصة إذا كان جمادًا، فيجاب عنه بأن ذلك
وإن كان فيه تعظيم، إلا أن القول بأن مطلق التعظيم لا يجوز للمخلوق هو قول
باطل، بل الذي لا يجوز هو ما كان على وجه عبادة المعظم، كما كان يعظم أهل
الجاهلية أوثانهم، فيعتقدون أنها آلهة وأنها تضر وتنفع من دون الله، وهذا
هو الشرك. أما ما سوى ذلك مما يدل على الاحترام والتوقير والإجلال فهو
جائز، إن كان المُعَظَّم مستحقًّا للتعظيم، ولو كان جمادًا؛ والقيام
للعَلَمِ أو عند سماع نشيد السلام الوطني له نظير في فعل المسلمين قديمًا،
فقد نص بعض العلماء على أنّ مِن حُسْنِ الأدب ما اعتاده الناس مِن القيام
عند سماع توقيعات الإمام، وأخذوا مِن ذلك أولويةَ القيامِ للمصحف، وأنَّ
تَرْكَ القيامِ احترامًا إنما كان في أول الأمر، فلما اعتاده الناس وصار
تركه مشعرًا بالاستهانة انتقل من الجواز إلى الاستحباب. فليس القيام
للمصحف أو للقادم ذي الشأن إلا لإظهار الاحترام والتوقير، وتعليلات العلماء
ناطقة بهذا، فلا بأس إذن من القيام عند رفع العلم أو السلام الوطني؛ إذ
العلة واحدة. أما دعوى أنه من التشبه بالكفار في عاداتهم القبيحة، فلا
نسلم أصلا أن ذلك من عادات الكفار المختصة بهم، بل تلك دعوى عارية عن
الدليل، ولو صحت لقلنا: لم يصر ذلك مختصًّا بهم الآن، بل صار عادة دخلت
بلاد المسلمين وتواطئوا عليها حتى تُنُوسِيَ أَصلُها. ولو كان تشبهًا بهم، فمجرد التشبه لا يكون حرامًا إلا فيما يتعلق بعقائدهم وخصوصياتهم الدينية،
ثم إننا لو سَلَّمنا أن التشبه بغير المسلمين ممنوع في كل صوره، فإن مجرد
حصول ما يشبه صنيع أهل الكتاب لا يسمى تشبهًا إلا إذا كان الفاعل قاصدًا
لحصول الشبه. أما دعوى أن ذلك يُعَدُّ بدعةً؛ لأنه لم يكن في عهد رسول
الله صلى الله عليه وآله وسلم، ولا في عهد خلفائه الراشدين رضي الله عنهم،
فنقول: سلمنا ببدعية ذلك، ولكن لا يلزم من البدعية التحريم، لأن البدعة
تطرأ عليها الأحكام الشرعية الخمسة، فالبدعة ليس مرادفة للمُحَرَّم، بل
البدعة مَقْسِم والمُحَرَّم قِسم. فإذا تقرر مما سبق أن المسؤول عنه
جائز شرعًا في أصله، وحقيقة الجائز: أنه مأذون في فعله أو تركه، ثم لمّا
تواضع الناس وتعارفوا على كونه دالًّا على احترام الوطن وتعبيرًا عن
الانتماء ووسيلة لإظهار ذلك في الشأن الوطني والعلاقات بين الدول، صار
حكمُه حكمَ مدلولِه ومقصدِه، فإذا انضاف إلى ذلك أن تركه يشعر بالاستهانة
أو قلة الاحترام ويفضي إلى الخصام والشحناء وشق الصف والتراشق بالتهم بين
أبناء الوطن أو المواقف المضادة في العلاقات الدولية، فإنه يتعين حينئذ
الإعراض عن تركه؛ اتقاءً لهذه المحاذير. وعليه: فإن تحية العلم
المعهودة أو الوقوف للسلام الوطني أمران جائزان لا كراهة فيهما ولا حرمة
كما شغَّب به مَن لا علمَ له، فإذا كان ذلك في المحافل العامة التي يُعَدُّ
فيها القيام بذلك علامة على الاحترام وتركه مشعرًا بترك الاحترام: فإن
الوقوف يتأكَّد؛ فيتعيَّن فعلُه حينئذٍ؛ دفعًا لأسباب النفرة والشقاق،
واستعمالا لحسن الأدب ومكارم الأخلاق. Arti
Fatwa Judul: hormat bendera dan berdiri untuk perdamaian nasionalPertanyaan:
Mohon putusan pernyataan di hormat bendera dan berdiri untuk perdamaian
nasional, di mana beberapa orang mengklaim bahwa hal itu dilarang dalam
Islam, karena memaksimalkan, dan pemujaan tidak mungkin makhluk,
terutama jika جمادا, karena kemudian menjadi mitra atau alasan untuk
syirik, serta meniru kafir
dalam kebiasaan jelek mereka, karena dianggap sesat, karena ia tidak
pada saat damai Tuhan Messenger atasnya, atau pada saat dewasa
penggantinya, Tuhan memberkati mereka. Jawabannya: Sebagai
simbol bendera dikenal orang Arab sebelum Islam, terutama dalam perang,
telah melaporkan bahwa Nabi, saw dan keluarganya dan dia mengambil
spanduk dan brigade, bendera, dan memegangnya pintu modern dalam
buku-buku mereka, mengatakan: "Pintu di spanduk dan brigade"Untuk
membuktikan bendera simbolis dan bunting mungkin biasa yang membaptis
musuh untuk memukul bendera dan membatalkan sebelum lainnya, untuk
mencegah tekad tentara, Ketika bendera dinaikkan adalah indikasi
kebanggaan, kekuatan dan ketahanan, dan ketika kambuh dan jatuh itu
menunjukkan kekalahan dan penghinaan dan refraksi, dan sebagai
imbalannya adalah dudukan
yang tertarik untuk tetap mengangkat, bahkan untuk membuat untuk
dirinya dan jiwanya, tidak terutama memaksimalkan kain, tetapi untuk apa
yang melambangkan.Al-Bukhari
dalam Shahih-nya dari Anas ra dengan dia, berkata: Nabi dan keluarganya
dan dia: «mengambil bendera Zeid ditembak - maksudku: dalam pertempuran
Muta - dan kemudian Jaafar diambil ditembak, kemudian dibawa Abdullah
bin melukai Rawahah - meskipun mata
Rasulullah semoga Allah memberkati dia dan keluarganya untuk bersaksi
melawan orang-orang ini - dan kemudian dibawa Khalid ibn al-Walid dari
perintah dia untuk membuka.Dan
hormat bendera tentang tangan sinyal tubuh tertentu, atau doa nyanyian
saat naik untuk memimpin sebuah negara, seperti gerakan atau berbicara,
dan Elf dan frekuensi - seperti yang terjadi - menjadi salah satu
kebiasaanSelain
itu, praktek-praktek dan tindakan demikian terkait dengan ketika orang
mencintai tanah air, menjadi cara yang umum untuk mengekspresikan dan
menunjukkan afiliasi dan mengkonfirmasi loyalitas, diputuskan dalam
aturan Syariah yang berarti putusan itu pada ujungnya, jika patriotisme
legitimasi kewajiban Mottagrr dalam hukum bukti syariah, cara terbaik penghargaan di asal serta sah diperlukan, dan pastikan bahwa jika Anda tidak melakukan Kerajaan ketika orang tidak hormat.Lagu
kebangsaan adalah bagian dari komposer musik untuk membayar upeti
kepada negara atau bangsa menjadi simbol negara atau negara bermain di
konser militer dan beberapa acara-acara publik.Dipilih
dan bahwa dalam hal musik tidak kesucian mendengar atau diputar, adalah
suara; digolongkan jelek yang baik dan jelek, dan yang terkandung dalam
larangan: Shahih, tidak jelas, eksplisit dan tidak benar.Perdamaian
Nasional dan rasa hormat yang terjadi dalam ilmu, dari segi fakta bahwa
setiap simbol, dan berdiri di permainannya tidak apa yang dimaksudkan
hanya untuk menunjukkan rasa hormat dan penghargaan dan kehormatan,
karena mewakili, yang merupakan tanah air.Patriotisme
adalah hak Gunung; Beberapa filsuf bahkan mengatakan: "perambahan man
pies patriotisme" nostalgia bagi tanah air dari menonjol, p 10, i. Arab Book House.Al-Bukhari
meriwayatkan bahwa Hamid panjang yang ia mendengar Anas, ra dengan dia
berkata: Rasulullah, semoga Allah memberkati dia dan keluarganya jika
perjalanan, derajat Vibsr kota, menderita unta - yaitu: lebih cepat
untuk berjalan - meskipun binatang membangkitkan. Bukhari mengatakan: "meningkat Harits bin Amir Hameed:. (Cinta swirl)"Hafidz Ibnu Hajar mengatakan dalam "Fath" [3/621, i. Pengetahuan dar]: "Dalam arti modern ... pada legalitas patriotisme dan nostalgia untuk" eh.Asal
usul itu semua diperbolehkan, bahkan pembawa direktori yang diberikan
dilaporkan, dan tindakan antar mengekspresikan cinta lakukan untuk ikon
rumah dan tanda dan logo, bendera atau lagu kebangsaan, Valmahb hormat
dan mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan Bmahboppe, tidak
meremehkan kecuali apa Shara edema tentang hal itu.Gugatan
yang dilarang dalam Islam, karena memaksimalkan, dan pemujaan tidak
mungkin makhluk, terutama jika جمادا, Respon kepadanya bahwa meskipun
memaksimalkan, tetapi untuk mengatakan bahwa penghormatan mutlak tidak
mungkin makhluk adalah gagasan palsu, tapi itu tidak mungkin apa yang berada
di wajah ibadah suci, juga memaksimalkan rakyat berhala kebodohan,
percaya bahwa mereka adalah allah dan mereka merugikan dan menguntungkan
tanpa Tuhan, dan ini adalah perangkap. Satu-satunya
bukti yang menunjuk ke rasa hormat dan hormat dan kehormatan, itu
dibolehkan, jika suci layak penghormatan, bahkan jika benda mati;Dan
melakukan ilmu atau ketika Anda mendengar memuji Perdamaian Nasional
tak tertandingi dalam tindakan Muslim tua, memiliki teks beberapa
ilmuwan bahwa sastra yang baik terbiasa orang yang harus dilakukan
ketika Anda mendengar tanda tangan Imam, dan mengambil dari itu
prioritas untuk melakukan Quran, dan yang tersisa untuk dilakukan karena
rasa hormat tetapi pada awalnya Ketika orang-orang yang terbiasa dan menjadi kiri Mhara Balasthena pindah dari paspor ke mustahabb.Hal
ini tidak melakukan Quran atau signifikan mendatang hanya untuk
menunjukkan rasa hormat dan hormat, dan penjelasan dari para ilmuwan
berbicara ini, tidak ada yang salah dengan izin dari saat bendera
dinaikkan atau lagu kebangsaan, sebagai salah satu alasan.Gugatan
yang meniru orang kafir dalam kebiasaan mereka jelek, tidak mengenali
sudah bahwa kebiasaan kafir yang kompeten mereka, tetapi mereka proses
yang tanpa bukti, bahkan jika benar, kita akan mengatakan: tidak
bersikeras bahwa spesialis mereka sekarang, tetapi menjadi biasanya
memasuki negara Muslim dan berkolusi mereka bahkan Tnosa asal .Punya meniru mereka, hanya imitasi tidak dapat dilarang kecuali mengenai privasi Bakaúdhm dan agama,Kami
kemudian jika kita mengakui bahwa meniru non-Muslim dilarang dalam
segala bentuknya, hanya untuk mendapatkan sesuatu seperti fakta
orang-orang dari buku ini tidak disebut imitasi efektif hanya jika
berniat untuk mendapatkan kemiripan.Klaim
bahwa ini adalah bid'ah, karena tidak dalam masa Rasulullah dan
perdamaian dan berkah, dan dalam masa pemerintahan dewasa penggantinya,
Tuhan memberkati mereka, kita katakan: kita menerima Bbdeih itu, tetapi
tidak diperlukan inovasi larangan, karena bid'ah di dalamnya putusan
lima, فالبدعة tidak identik dengan Muharram, tapi bid'ah terbagi dan bagian haram.Jika
diputuskan yang sudah tagihan kepadanya agama diperbolehkan di asal,
dan fakta mungkin: itu berwenang dalam melakukan atau meninggalkan, maka
orang apa kerendahan hati dan mengenal satu sama lain untuk menjadi
indikasi menghormati bangsa dan ekspresi milik dan berarti untuk
menunjukkan bahwa dalam hal nasional dan hubungan antar negara, menjadi
pemerintahannya maknanya dan
tujuan, Jika Andhav itu kiri merasa Balasthena atau kurangnya rasa
hormat dan menyebabkan perselisihan dan konstruksi dendam kelas dan
biaya slinging antara anak-anak dari tanah air atau posisi anti dalam
hubungan internasional, maka harus memutar kiri, pencegahan peringatan
ini.Dengan
demikian: hormat bendera biasa atau berdiri untuk perdamaian nasional
adalah dua hal yang diperbolehkan tidak makruh mana tidak ada kesucian
sebagai kerusuhan tidak menyadari nya, jika berada dalam forum publik
yang mana untuk melakukannya tanda hormat dan meninggalkan Mhara
meninggalkan hormat: berdiri yakin; harus melakukan kemudian, dorongan untuk Nafrah alasan dan perpecahan, dan digunakan untuk sopan santun dan moral yang baik